Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi USB Not Recognized Pada Pc

Di era teknologi saat ini, mungkin ada orang yang tidak bisa bekerja jika tidak ada komputer / laptop. Tidak hanya untuk menulis dan Internet, karena sekarang banyak orang juga membutuhkan port USB untuk memenuhi berbagai kebutuhan transfer data, baik dari komputer ke perangkat USB atau sebaliknya.
Cara Mengatasi USB Not Recognized
Sayangnya, saat menggunakan USB di komputer, terkadang ada kekurangan atau kesalahan, salah satunya USB Not Recognized. Bukan hal yang aneh bagi orang apabila kebingungan mengatasi masalah USB yang tidak dapat dibaca pada PC. Pernahkah Anda mengalami masalah seperti ini? Jangan bingung dengan cara mengatasinya, karena Nasblogger.com memiliki 6 cara untuk mengatasi usb not recognized dengan mudah.

6 Cara Mengatasi USB Not Recognized

1. Restart Komputer

Kami menyarankan anda untuk me-restart komputer atau laptop. Mungkin laptop Anda terlalu berat untuk membaca USB. Jadi tidak ada salahnya jika Anda reboot untuk memperbarui komputer atau laptop. Juga, pastikan untuk melepaskan semua perangkat USB yang terhubung ke port USB komputer terlebih dahulu untuk membuatnya lebih ringan dan lebih mudah untuk menggunakan port USB.

2. Melepas kabel power supply (battery untuk laptop)

Mungkin metode ini tidak terlalu umum (bisa dikatakan aneh), tetapi ketika membaca berbagai jawaban untuk masalah ini di situs web Microsoft, ternyata menggunakan metode ini sangat berhasil. Anda dapat melakukan ini dengan mematikan komputer, kemudian mencabut kabel power supply (listrik) yang terhubung ke komputer, kemudian menunggu sekitar satu menit, dan kemudian menghubungkan kembali kabel power.

Untuk laptop, tidak cukup hanya dengan melepas kabel, Anda juga perlu melepas baterai dari laptop dan tunggu beberapa menit dan kemudian pasang kembali. Jika langkah ini berhasil, masalahnya kemungkinan dengan chipset motherboard pada komputer. Dengan melepas catu daya, motherboard akan memformat ulang sistem internal.

3. Gunakan System Restore

Jika System Restore aktif di komputer, anda dapat mengembalikan pengaturan dan mengatur sistem komputer ke waktu atau keadaan sebelum USB tidak dapat ditentukan. Terkait dengan System Restore, program atau aplikasi yang akan hilang setelah tanggal / tanggal yang dipulihkan (tergantung pada konfigurasi unit yang dipantau).
Gunakan System Restore
Anda masuk masuk ke System Restore dengan menu Start > Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

4. Cabut dan Pasang kembali USB

Jika Anda menemukan masalah USB Not Recognized di komputer, coba lepaskan USB yang baru saja Anda pasang. Tunggu beberapa saat sebelum mencoba memasangnya kembali. Dengan cara ini, komputer akan memperbarui secara otomatis sehingga menjadi lebih ringan saat digunakan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan port USB komputer, karena mungkin rusak atau longgar, sehingga sulit untuk membaca USB yang Anda pasang. Cobalah untuk mencocokkan posisi antara USB dan port USB saat ini.

5. Periksa kondisi USB

Dalam metode di atas, ada kemungkinan port USB itu sendiri rusak. Nah itu bisa jadi salah satu masalah USB yang memang bermasalah. Misalnya, flash drive yang Anda gunakan mengalami kesalahan atau sudah rusak.

Jika demikian, USB biasanya tidak akan dibaca oleh komputer. Nah, untuk melihat apakah USB rusak atau tidak, Anda dapat mencoba menggunakan USB lain untuk menginstalnya di port USB. Jika USB lain dibaca di komputer Anda, ini berarti sudah ada masalah dengan USB Anda.

6. Update Driver

Jika lima cara mengatasi USB Not Recognized di atas tidak dapat menyelesaikan masalah Anda, driver perangkat pada PC / laptop Anda mungkin belum diperbarui. Alasannya adalah jika Anda tidak memperbarui, driver perangkat USB otomatis mungkin tidak bekerja secara optimal. Berikut cara memperbarui driver perangkat di komputer:
unknown device
  • Tekan Win + R untuk masuk RUN lalu ketikan devmgmt.msc.
  • Anda akan dibawa ke Device Manager dan klik Universal Bus.
  • Cari menu Unknown Device.
  • Klik dua kali setelah muncul pilih Update Driver dan selesai.
  • Silahkan di coba, semoga berhasil!

Posting Komentar untuk " 6 Cara Mengatasi USB Not Recognized Pada Pc"