Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Campus Area Network (CAN)?

Campus Area Network (CAN) adalah sekelompok local area network (LAN) yang saling berhubungan dalam area geografis terbatas seperti kampus sekolah, pangkalan militer atau organisasi, dan gedung perusahaan , dll. Jaringan CAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari jaringan MAN dan WAN .

Campus Area Network ini juga dikenal sebagai Jaringan Area Perusahaan. Jaringan ini terkadang disebut Jaringan Hunian atau ResNet, karena hanya digunakan oleh penghuni kampus tertentu. Campus Area Network terdiri dari LAN yang saling berhubungan. LAN ini terhubung melalui switch dan router, kemudian membuat jaringan tunggal, CAN. Campus Area Network mencakup area dalam jarak 1 hingga 5 km dan dapat berupa koneksi kabel atau nirkabel.

Contoh jaringan CAN

Pertimbangkan universitas di mana jaringan dihubungkan antar gedung untuk membentuk Campus Area Network (CAN).

Gambar berikut menunjukkan Campus Area Network:
Apa Itu Campus Area Network (CAN)?

Infrastruktur jaringan CAN

Dalam wilayah geografis terbatas, LAN dihubungkan bersama melalui bantuan sakelar dan router, menghubungkan gedung-gedung di kampus tempat semua sumber daya jaringan seperti kabel, hub, dan sakelar. , router, dll. semuanya dimiliki oleh organisasi.

Jaringan Campus Area Network (CAN) menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Node di lapangan jaringan CAN saling berhubungan menggunakan kabel serat optik dan memanfaatkan teknologi Ethernet 10-Gigabit. Selain teknologi 10-Gigabit Ethernet ini, hotspot WiFi dan hotspot adalah cara berbeda untuk mengakses jaringan.

Manfaat jaringan CAN

Kecepatan

Komunikasi di CAN terjadi melalui local area network (LAN), sehingga kecepatan transfer data antar sistem sedikit lebih cepat daripada Internet.

Keamanan

Jaringan perawatan administrator jaringan CAN dengan pemantauan terus menerus, pelacakan, dan pembatasan akses. Untuk melindungi jaringan dari akses yang tidak sah, firewall dibuat antara jaringan dan Internet.

Hemat biaya

Dengan sedikit usaha dan pemeliharaan, jaringan bekerja dengan baik, menyediakan kecepatan transfer data yang cepat, bersama dengan akses jaringan multi-departemen. Ini dapat diaktifkan secara nirkabel, mengurangi biaya pemasangan kabel dan membeli kabel. Jadi bekerja di kampus yang menggunakan jaringan CAN sangat hemat biaya (dalam hal kinerja).

Singkatnya, Campus Area Network dapat dikatakan sebagai jaringan yang hemat biaya dan mudah digunakan di wilayah geografis tertentu. Ini sangat berguna untuk fasilitas seperti perguruan tinggi, universitas, organisasi perusahaan, dll.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Campus Area Network (CAN)?"