Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengatasi error code 0xc0000185 Windows

Error Code 0xc0000185 hampir selalu muncul ketika PC Windows dinyalakan, biasanya setelah reboot sistem. Ini hampir selalu bermanifestasi sebagai kesalahan BSOD atau Blue Screen Dead, dengan kata-kata " Data Konfigurasi Boot untuk PC Anda hilang atau mengandung kesalahan tertentu ", diikuti dengan kode kesalahan.

cara mengatasi error code 0xc0000185 Windows

Pesan tersebut juga mungkin mengatakan " PC Anda perlu diperbaiki. File Data Konfigurasi Boot kehilangan beberapa informasi yang diperlukan ". Kesalahan ini mudah diperbaiki dalam banyak kasus. Kesalahan ini juga muncul di Windows 8.1 dan Windows 7, meskipun paling sering ditemukan di Windows 10.

Penyebab Munculnya Code 0xc0000185

Code 0xc0000185 disebabkan oleh file rusak yang terkait dengan fungsi boot PC Windows. File tertentu telah dihapus atau rusak dalam beberapa cara, atau sesuatu yang tidak berbahaya seperti pematian yang salah atau perangkat periferal baru semuanya bisa menjadi penyebab kesalahan ini.

Ini juga bisa jadi hasil dari malware atau perangkat keras yang rusak dan kesalahan tersebut hanyalah gejala dari masalah yang berkembang.

Cara mengatasi error code 0xc0000185

Apakah kesalahan ini adalah masalah utama yang memengaruhi sistem Anda atau ada masalah serius lainnya yang disarankan oleh kesalahan tersebut, Anda tidak dapat memperbaiki apa pun hingga PC Anda berfungsi kembali.

catatan: Setelah Anda mencoba setiap perbaikan ini, reboot sistem dan lihat apakah sistem melakukan boot dengan benar. Jika tidak, lanjutkan ke solusi berikutnya.

1. Nyalakan ulang komputer

Booting ulang standar kemungkinan tidak akan memperbaiki masalah khusus ini tetapi masih patut dicoba, karena tidak berbahaya. Windows akan memperbaiki masalah ini dalam urutan boot.

2. Bangun kembali BCD

Jika kesalahan berlanjut, membangun kembali file Data Konfigurasi Boot adalah langkah bagus berikutnya yang harus diambil. Akses menu Advanced Startup Options untuk memulai.

3. Bangun kembali BCD dengan media boot

Terkadang masalah startup Windows sulit diperbaiki karena Anda tidak dapat mengakses alat perbaikan yang perlu Anda gunakan. Meskipun Anda dapat menggunakan drive penginstalan Windows yang berbeda, metode yang lebih sederhana adalah membuat dan menggunakan USB yang dapat di-boot Windows 10 . Untuk membuat ISO, unduh ISO Windows (gratis) dari salah satu sumber Microsoft, lalu buat USB yang dapat di-boot.

Setelah selesai, buat kembali BCD di Windows seperti yang mungkin Anda lakukan pada langkah pemecahan masalah sebelumnya, tetapi kali ini, boot ke kunci USB, bukan drive utama.

4. Lakukan pemulihan sistem

Jika memperbaiki BCD tidak menyelesaikan masalah, pendekatan yang lebih drastis adalah memulihkan sistem ke titik waktu sebelumnya. Menggunakan Pemulihan Sistem dapat menghapus aplikasi dan data, jadi jika memungkinkan, buat cadangan apa pun yang penting ke drive sekunder sebelum melanjutkan. Namun, Anda harus menjalankan opsi pemulihan dari menu Advanced Startup Options , karena Anda tidak dapat boot ke Windows dengan benar.

5. Format partisi dan instal ulang Windows

Jika Anda masih mengalami masalah saat memulai PC setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, format drive dan instal ulang Windows. Buat cadangan informasi penting apa pun pada drive, karena ini akan menghapus drive.

Posting Komentar untuk "cara mengatasi error code 0xc0000185 Windows"